Gempa 7,2 SR di Mentawai Sumatra Barat

Senin, 25 Oktober 2010


Gempa lagi-lagi menggoyang kota padang tercinta, kemaren pada tanggal 25 Oktober 2010 gempa sebesar 7,2 SR melanda kawasan Mentawai Sumatera Barat. Lokasinya berada di 78 Km Baratdaya Mentawai.

Gempa dahsyat ini terjadi sekitar pukul 21.40 WIB, yang dalam waktu singkat berhasil menyulap jalan-jalan menuju kawasan daerah Limau Manih, kampus Universitas Andalas dan kawasan Indarung ramai dengan kerumunan masa yang hendak menuju daerah ketinggian, karena masyarakat medapatkan info dari BMKG bahwa gempa ini bisa menimbulkan gelombang tsunami, namun info tersebut kembali dicabut oleh BMKG berselang beberapa waktu kemudian.

Akan tetapi, seorang warga Australia melaporkan peristiwa tsunami setinggi tiga meter yang terjadi setelah gempa Mentawai. Adalah Rick Hallet yang mengaku kepada Nine Network bahwa ia berada di kapal carteran yang mereka sewa untuk surfing -- saat dinding air berwarna putih menggulung mereka di perairan Pulau Mentawai, sekitar pukul 22.00 WIB.

BMKG juga menginfokan bahwa gempa susulan masih akan terus terjadi di wilayah Mentawai, Sumatera Barat. Rata-rata gempa tersebut berkekuatan sekitar 5 SR. Berdasarkan informasi dari BMKG, pukul 03.22 WIB, Selasa (26/10/2010), gempa berkekuatan 5,1 SR kembali terjadi di Mentawai. Lokasinya terletak di 118 Km sebelah barat daya Mentawai. Beberapa waktu sebelumnya, sekitar pukul 02.57, gempa juga kembali menerjang kawasan ini dengan kekuatan 5,0 SR. Dengan pusat gempa di kedalaman 22 Km dan lokasinya di 18 Km sebelah barat daya Mentawai. (berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Mentawai Relief

Pusat Informasi Palestina

BBCIndonesia.com